RITONGA, RAYU RISTA ULY (2014) PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAININGBERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA SUB MATERI POKOK BESARAN DANSATUAN DI KELAS X SEMESTER GANJIL SMAN 11MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409121067 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409121067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
409121067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409121067 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
409121067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
409121067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409121067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
409121067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
409121067 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
409121067 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
409121067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada sub materi Besaran dan Satuan di SMAN 11 Medan T.A 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian adalah Two Group Pretest-postest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 11 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas X-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan 5 option, angket, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t setelah prasyarat dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 25 dan kelas kontrol adalah 23,75. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,1344 dan Ltabel = 0,156, kelas kontrol dengan Lhitung = 0,0829 dan Ltabel = 0,156, diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,1989 dan Ftabel = 1,8215 sehingga Fhitung < Ftabel, maka sampel berasal dari kelompok yang homogen. Setelah diberikan perlakuan diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen 70,31 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 62,34. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,52 > 1,5597 dengan α = 0,05 dan dk = 62, maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok besaran dan satuan di kelas X semester ganjil SMAN 11 Medan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Rit p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inquiry Training; Peta Konsep; Pembelajaran Konvensional; Pengukuran; Besaran Turunan; Dimensi; Pengukuran; Besaran Pokok; Aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11761 |