Sirait, Ika Nurjannah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK KALOR DI KELAS X SEMESTER II MAN KISARAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102121009 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
4102121009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (726kB) | Preview
4102121009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4102121009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4102121009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
4102121009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4102121009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4102121009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4102121009 BAB I.pdf - Published Version
Download (446kB) | Preview
4102121009 BAB V.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4102121009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4102121009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas X semester II MAN Kisaran.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X semester II MAN Kisaran yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X-D sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas X-F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option jawaban, lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar penilaian keterampilan dan lembar penilaian afektif. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar penilaian keterampilan dan lembar penilaian afektif dianalisis secara deskriptif.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,39 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,79. Pada pengujian normalitas untuk pretes diperoleh pada kelas eksperimen dengan Lhitung = 0,11083 dan Ltabel = 0,15423, untuk kelas kontrol dengan Lhitung = 0,11735 dan Ltabel = 0,15423, sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung= 1,474 dan Ftabel = 1,805 sehingga Fhitung < Ftabel , maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung < ttabel yaitu 0,248 < 1,998 maka H0 diterima. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,12 dan kelas kontrol 69,39. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 72,11 sedangkan rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol adalah 59,45. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,650 > 1,669 dengan taraf signifikasi α = 0,05 dan dk = 64. Hal ini berarti H0 ditolak danHa diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok kalor di kelas X semester II MAN Kisaran T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Sir p |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar; Aktivitas ; Model Pembelajaran; Kalor; Perpindahan Kalor; Asas Black |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11758 |