Tampubolon, Rimdah M. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBASIS STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERIPOKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER IIDI SMA N 17 MEDANT.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 4103321038 Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 4103321038 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
3 4103321038 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
4 4103321038 Abstrak.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5 4103321038 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6 4103321038 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7 4103321038 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9 4103321038 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
10 4103321038 Bab I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
11 4103321038 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
12 4103321038 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis strategi REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 17 Medan yang berjumlah 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang untuk kelas eksperimen dan 40 orang untuk kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sebelum pembelajaran diberikan pada kedua kelas, terlebih dahulu dilakukan pretes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 34,75 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 33,75. Dari hasil uji normalitas dan homogenitas pretes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen, dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis strategi REACT pada kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas sampel dilakukan postes. Diperoleh nilai rata-rata 74,88 untuk kelas eksperimen dan nilai rata-rata 59,63 untuk kelas kontrol. Aktivitas siswa pada saat pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis startegi REACT diperoleh rata-rata pada pertemuan I sebesar 62,62% (kurang aktif), pada pertemuan II sebesar 70,48% (cukup aktif) dan pada pertemuan III sebesar 78,57% (aktif). Dari hasil uji normalitas dan homogenitas postes siswa diperoleh bahwa data kedua kelas sampel adalah berdistribusi normal dan homogen.Dari hasil uji hipotesis thitung = 7,850 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,667 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis strategi REACT terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis kelas X semester II SMA N 17 Medan T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Tam p |
Keywords: | Pembelajaran; Kooperatif; STAD; Strategi React; Hasil Belajar; Aktivitas; Listrik Dinamis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11755 |