Siahaan, Sepdian Anggreani (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI SMP N 38 MEDANKELAS VII SEMESTER IIT.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121065 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103121065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4103121065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4103121065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103121065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4103121065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103121065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103121065 BAB I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
4103121065 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103121065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar denganmenggunakan model pembelajaran Inquiry Training lebih baik daripadapembelajaran konvensional pada materi pokok kalor dan perpindahannya di kelasVII SMP Negeri 38 Medan.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas VII Semester genap SMP Negeri 38 Medan terdiridari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VII-2(sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII-5 (sebagai kelas kontrol) yang masingmasingberjumlah 35 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling.Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan modelpembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol dengan pembelajarankonvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian inidigunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidkan olehvalidator.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimenadalah 37,71 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 34,14. Melalui pengujianstatistik diperoleh hasil yang signifikan bahwa kemampuan awal kedua kelasadalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimendengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas kontrol denganpembelajaran konvensional. Data postes yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelaseksperimen 72,71 dan kelas kontrol 57,71. Hasil ini menggambarkan bahwa adaefek model pembelajaran Inquiry Training dalam meningkatkan hasil belajarFisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Sia e |
Keywords: | Model Pembelajaran; Inkuiri; Hasil Belajar; Kalor; Perubahan Suhu Benda; Peubahan Wujud Benda; Perpindahan Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11752 |