PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELASVII SEMESTER II DI SMP N 17 MEDAN T.A 2014/2015

Yulianti, Suci (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT(NUMBER HEAD TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJARSISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELASVII SEMESTER II DI SMP N 17 MEDAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 409321056 COVER.pdf]
Preview
Text
409321056 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
409321056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
409321056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
409321056 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
409321056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
409321056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
409321056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 BAB I.pdf]
Preview
Text
409321056 BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 BAB V.pdf]
Preview
Text
409321056 BAB V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 409321056 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
409321056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Number Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gerak lurus di kelas VII di SMP N 17 Medan.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two Group Pretest – Post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester II SMP Negeri 17 Medan T.P 204/2015 yang terdiri dari 10 kelas berjumlah 310 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 yaitu kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa dan kelas VII-7 sebagai kelas kontrol ang berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar berjumlah 20 soal dalam bentuk pilihan berganda dengan empat pilihan yang telah di validasi. Uji hipotesis menggunakan uji t dua pihak.
Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 30,65 dengan standart deviasi 8,54 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 26,77. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi secara normal dan homogen. Selama proses pembelajaran dengan menggunakan model Number Head Together diperoleh bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada pertemuan I sebesar 68,09 dan pada pertemuan II sebesar 75,64. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,68 dengan standart deviasi 5,21 dan kelas kontrol 58,55 dengan standart deviasi 9,42. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kelas terdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesi (uji t) diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,16 > 1,67 maka Ha diterima, dengan demikian ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gerak Lurus di kelas VII di SMP N 17 Medan tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh peningkatan aktivitas siswa kelas eksperimen dan kontrol sebesar 68,09 (kurang aktif) dan 75,64 (cukup aktif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 533.270 712 Yul p
Keywords: Pembelajaran; IPA; Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Pembelajaran NHT; Konvensional; Gerak Lurus; Jarak dan Perpindahan; Kecepatan dan Kelajuan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Elita Sari Sitorus
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 30 Aug 2016 02:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11747

Actions (login required)

View Item
View Item