Samosir, Ernika (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PAIKEM DENGAN PENDEKATAN KONTRUKTIVISME PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN DI KELAS IX SMPS BAKTI MULIA ONANRUNGGU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111023 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4102111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
4102111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
4102111023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
4102111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4102111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4102111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4102111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4102111023 BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
4102111023 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4102111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran matematika di SMP Sw Baksti Mulia masih kurang memberi siswa kesempatan untuk aktif membangun pengetahuannya. Hal ini berakibat pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah melalui model PAIKEM dengan pendekatan Kontruktivisme. Pendekatan kontruktivisme dalam pembelajaran sangat mempengaruhi aktivitas dan perkembangan mental siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model PAIKEM dengan pendekatan Kontruktivisme lebih baik daripada yang diajar dengan Pembelajaran Langsung pada materi Kesebangunan dan Kekongruenan di kelas IX SMP Sw Bakti Mulia Onanrunggu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Subjek Random Desain Pretes-Postes Grup.Dalam penelitian ini populasi yang diambil adalah seluruh siswa SMP Sw Bakti Mulia Onanrunggu Kelas IX sebanyak 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan banyak sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan Model PAIKEM dengan Pendekatan Kontruktivisme sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan, pembelajarannya dengan Pembelajaran Langsung. Instrumen yang digunakan antara lain: pretes, postes, dan lembar observasi. Untuk keperluan pengujian hipotesis, data dianalisis dengan uji-t.Dari hasil penelitian, pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan nilai rata-rata sebesar 56,3
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.507 1 Sam p |
Keywords: | Masalah Matematika; Model PAIKEM; Pendekatan Kontruktivisme; Kesebangunan; Kekongruenan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11734 |