Chulaisyah, Alice (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMK - BM PAB 3 MEDAN ESTATE T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311005 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4103311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4103311005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4103311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103311005 BAB I.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
4103311005 BAB V.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
4103311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
4103311005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linear di SMK – BM PAB 3 Medan Estate tahun ajaran 2013/2014.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – Ak 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate yang berjumlah 34 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linier di kelas X – Ak 1 SMK – BM PAB 3 Medan Estate tahun ajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil analisis data setelah pemberian tindakan diperoleh pada siklus I terdapat 22 orang siswa atau 64,71% yang mencapai nilai 61 dengan nilai rata-rata adalah 56,86 (rendah). Dari 34 orang siswa diperoleh penyebaran tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu 3 orang siswa atau 8,82% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi, 19 orang siswa atau 55,88% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang dan 12 orang siswa atau 35,30% yang memiliki tingkat kemampun berpikir kreatif rendah. Pada siklus II terdapat 30 orang siswa atau 88,24% yang mencapai nilai 61 dengan nilai rata-rata adalah 70,26 (sedang). Dari 34 orang siswa diperoleh penyebaran tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa, yaitu 9 orang siswa atau 26,47% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi, 21 orang siswa atau 61,77% yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif sedang dan 4 orang siswa atau 11,76% yang memiliki tingkat kemampun berpikir kreatif rendah. Dengan demikian, kelas tersebut telah memenuhi kriteria tingkat kemampuan berpikir kreatif, yaitu terdapat 85% siswa yang mengikuti tes telah mencapai nilai 61 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi program linear di SMK – BM PAB 3 Medan Estate.
Berdasarkan hasil analisis data dan observasi kegiatan pembelajaran, penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.942 071 9 Shu p |
Keywords: | Belajar; Pembelajaran; Berpikir Kreatif; Materi Program Linier; Konsep Dasar Program Linier |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11711 |