Padang, Darius J (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH BERBANTU ANIMASI MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121013 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103121013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4103121013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
4103121013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103121013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4103121013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4103121013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103121013 BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
4103121013 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103121013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah berbantu animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Tanjung Morawa yang terdiri dari 10 kelas berjumlah 350 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 10 kelas secara acak yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 71 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar yang terdiri dari 20 soal pilihan berganda yang terlebih dahulu divalidkan oleh tiga validator. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 39,43 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 42,97. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas adalah sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah berbantu animasi macromedia flash dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 63,43 dan kelas kontrol 57,79. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,027 sedangkan ttabel = 1,667, dimana thitung > ttabel (2,027>1,667) . Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ada pengaruh akibat model pembelajaran berdasarkan masalah berbantu animasi macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi listrik dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Pad p |
Keywords: | Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Pembelajaran Konvensional; Macromedia Flash; Hukum Kirchoff; Energi dan Daya Listrik; Kuat Arus; Tegangan Listrik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11706 |