Hasibuan, Meida Hasda (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI BILANGAN DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VII MTS PERDAMEAN RANTAU PARAPAT T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311032 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103311032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4103311032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4103311032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103311032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103311032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103311032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103311032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4103311032 BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
4103311032 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103311032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4103311032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bilangan Bulat di Kelas VII-A MTs Perdamean Rantauprapat.Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas pencapaian waktu ideal aktivitas aktif siswa pada siklus I dan siklus II. Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbentuk uraian yaitu Tes hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa siklus II terdiri dari 4 soal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal sampai tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 9 dari 35 siswa atau 25,7% dengan rata-rata kelas 49,1. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan metode pembelajaran Quantum Teaching menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 15 dari 35 siswa atau 42,9% dengan rata-rata kelas 56,82. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 30 dari 35 siswa atau 85,71% dengan rata-rata kelas 75,65. Ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalalui metode pembelajaran Quantum Teaching, kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya pada materi operasi bilangan bulat kelas VII-A MTs Perdamean meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan metode pembelajaran Quantum Teaching sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.707 1 Has u |
Keywords: | Belajar; Masalah Dalam Matematika; Alat Evaluasi; Model Pembelajaran; Model Quantum Teaching; Bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11702 |