Damanik, Masitah (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP AL-HIDAYAH MEDAN T.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409311027 COVER.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
409311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
409311027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409311027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409311027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
409311027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409311027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409311027 DAFTAR SKEMA.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
409311027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409311027 BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
409311027 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
409311027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan Model Cooperatif Script. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII dengan jumlah siswa 32 orang dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperatif Script pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal, angket motivasi dan setiap akhir siklus diberikan angket motivasi dan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan motivasi dan hasil belajar pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Al-hidayah Medan mulai dari tes awal, angket motivasi siklus I, angket motivasi siklus II, serta tes hasil belajar siklus I dan II setelah pembelajaran Cooperative Script. Berdasarkan hasil observasi untuk motivasi siswa mengalami peningkatan, dimana pada hasil observasi sebelum penelitian siswa masih dalam kategori rendah. Pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata skor angket motivasi tapi belum memenuhi persentase tingkat motivasi kelas mencapai 80% siswa yang memiliki tingkat motivasi lebih tinggi atau sama dengan sedang. Tetapi pada siklus II rata-rata skor motivasi siswa dan persentase tingkat motivasi kelas terpenuhi karena berada pada katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan pembelajaran Cooperatif Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana pada sebelum penelitian siswa yang tuntas hanya 12 siswa (37,5%). Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 19 siswa (59,38%) dan pada siklus II telah memenuhi Persentase Ketuntasan Klasikal (PKK) dimana siswa yang tuntas 28 siswa (87,5%) dan kelas dikatakan tuntas. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa SMP Al-Hidayah Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 71 Dam u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Cooperative Script; Teorema Pythagoras |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11682 |