Romiandi (2014) PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131060 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4103131060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
4103131060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103131060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103131060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
4103131060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103131060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4103131060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103131060 BAB I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4103131060 BAB V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4103131060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan rata-rata hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon yang dilihat dari hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan metode inkuiri dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan metode ceramah.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling purposif. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.Berdasarkan analisis data hasil penelitian, rata-rata nilai pretes-postes yang diperoleh pada eksperimen I adalah 28,5; 77,16, sedang rata-rata nilai pretes-postes pada kelas eksperimen II adalah 32,8; 65,83. Pada uji normalitas dengan teknik Uji Chi Kuadrat pada tingkat signifikansi 0,05, data penelitian ini tidak berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dengan teknik Fhitung pada tingkat signifikansi 0,05 menunjukkan data ini adalah homogen.Dengan demikian, berdasarkan uji beda nyata dengan teknik statistik-t pada tingkat signifikansi 0,05 dapat dinyatakan bahwa rata-rata hasil belajarsiswa yang diajar dengan metode inkuiri lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah pada pokok bahasan hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Rom p |
Keywords: | Metode Inkuiri; Hasil Belajar Kimia; Metode Ceramah; Analisis Materi; Hakekat Belajar Kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 06:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11678 |