Tambunan, Desi Natalina (2014) MENINGKATAKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERPAN METODE PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI POKOK STATISTIKA KELAS VII1 SMP SWASTA HKBP SIDORAME MEDAN T. A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311014 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4103311014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
4103311014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4103311014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103311014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103311014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103311014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103311014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103311014 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
4103311014 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4103311014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran melalui metode pembelajaran talking stick di kelas VII1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode talking stick pada materi pokok ststistika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar, lembar observasi kegiatan guru dan siswa. Dari hasil tes belajar yang diberikan hasil belajar matematika siswa dari setiap tindakan yang diberikan meningkat. pada tes kemampuan awal diperoleh bahwa banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 6 dari 35 orang siswa (17,14%) dengan rata-rata kelas 44,11 kategori kemampuan sangat rendah. Hasil analisis pada siklus I setelah dilakukan pembelajaran melalui metode pembelajaran talking stick banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan adalah 24 dari 35 orang siswa (68,6%) dengan rata-rata kelas 66 kategori kemampuan sedang. Pada hasil analisis data siklus II banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 31 dari 35 orang siswa (88,57%) dengan rata-rata kelas 79,14 kategori kemampuan sedang. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal yaitu minimal 85% dari jumlah siswa, maka daya serap nilai hasil belajar siswa telah mencapai rata-rata mnimal 65. Maka dari hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran talking stick pada tiap siklus meningkat dan telah mencapai target ketuntasan belajar klasikal yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran talking stick khususnya pada materi statistika di kelas VII1 SMP Swasta HKBP Sidorame Medan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 519.507 1 Tam m |
Keywords: | Pembelajaran Matematika; Efektivitas; Metode Pembelajaran; Metode Talkiing Stick; Statistika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11661 |