Semayang, Ari (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTAI CERMIN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121004 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4101121004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
4101121004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4101121004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4101121004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4101121004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4101121004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
4101121004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101121004 BAB I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
4101121004 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4101121004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media mind map terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya di kelas VIII di SMP Negeri 1 Pantai Cermin T.P 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester ganjil SMP Negeri 1 Pantai Cermin terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 dan 32 siswa ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media mind map dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes essay jumlah soal 10 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 17,70 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 18,28. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 61,77 dan kelas kontrol 49,75. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 4,38 sedangkan ttabel = 1,669. Karena thitung > ttabel (4,38 >1,669) maka Ho ditolak, dengan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi cahaya dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Pantai CerminT.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Sem p |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran Berbasis Masalah; Konvensional; Mind Map; Hasil Belajar; Pemantulan Cahaya; Hukum Pembiasan; Pembaisan Pada Benda Optik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11655 |