Silvini, Yaumil (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SMA NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121035 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4101121035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4101121035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4101121035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4101121035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
4101121035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4101121035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101121035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4101121035 BAB I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
4101121035 BAB V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4101121035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X SMA Negeri 16 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 16 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu kelas X IPA 4 (sebagai kelas eksperimen) dan X IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing terdiri dari 41 siswa. Sebagai alat pengumpul data, dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda untuk hasil belajar dan tes essay untuk berpikir kritis. Sebelum tes pilihan berganda dan essay diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru fisika sebagai validator.Dari nilai rata-rata pretes diperoleh hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 32.31 dan 28.35 untuk hasil belajar serta 16.03 dan 15.48 untuk kemampuan berfikir kritis. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran berdasarkan masalah pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah diberi perlakuan, dari nilai rata-rata postes diperoleh hasil belajar pada kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut adalah 65.54 dan 58.53. Setelah diuji t, diperoleh thitung = 1.82 sedangkan ttabel = 1.669 dengan demikian maka thitung > ttabel, atau dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar akibat pengaruh model pembelajaran yang dilakukan pada kedua kelas. Untuk nilai rata-rata postes kemampuan berfikir kritis diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut 47.01 dan 27.98. Setelah diuji t, diperoleh thitung =8.11sedangkan ttabel = 1.669 dengan demikian maka thitung > ttabel, atau dengan kata lain terdapat perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa akibat pengaruh model pembelajaran yang dilakukan pada kedua kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 1 Sil p |
Keywords: | Pembelajaran; Masalah; Hasil Belajar; Berfikir Kritis; Aktivitas Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11654 |