Kalsum, Ummi (2014) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 TANJUNGTIRAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4103341054 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. 4103341054 lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
3. 4103341054 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. 4103341054 Abstrak.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
5. 4103341054 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. 4103341054 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 4103341054 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. 4103341054 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
10. 4103341054 BAB 1.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
11. 4103341054 BAB 5.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
12. 4103341054 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi sistem respirasi di kelas XI dari aspek kognitif, indikator pembelajaran dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi sistem respirasi di kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungtiram Tahun Pembelajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 65 orang. Sampel diambil secara total yaitu dua kelas, XI IPA1 dan XI IPA2 yang memiliki rata-rata hasil belajar 70. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi sistem respirasi dan angket kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) sebesar 59,62% yang dimasukkan ke dalam kategori sangat tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat pemahaman (C2) sebesar 53,47% yang di masukkan ke dalam kategori sangat tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat penerapan (C3) sebesar 41,31% yang di masukkan ke dalam kategori tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat analisis (C4) sebesar 52,31% yang di masukkan ke dalam kategori sangat tinggi, persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat sintesis (C5) sebesar 53,85% yang di masukkan ke dalam kategori tinggi, dan persentase kesulitan belajar siswa pada aspek kognitif tingkat kreasi (C6) sebesar 32,31 yang di masukkan ke dalam kategori sedang. Sedangkan persentase kesulitan-kesulitan belajar siswa dari aspek indikator pembelajarannya pada indikator-1 sebesar 57,25% di masukkan ke dalam kesulitan sangat tinggi, pada indikator-2 sebesar 50% di masukkan ke dalam kesulitan tinggi, pada indikator-3 sebesar 52,83% di masukkan ke dalam kesulitan tinggi, dan pada indikator-4 sebesar 46,15% di masukkan ke dalam kesulitan sangat tinggi. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang mendukung pada materi sistem respirasi yaitu faktor intelegensi, minat, motivasi, dan materi pembelajaran dan faktor lainnya seperti kesehatan, psikiatik, lingkungan keluarga, dan media kurang mendukung dalam menyebabkan kesulitan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.120 712 Kal a |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Kesulitan Belajar; Upaya Mengatasi; Tujuan Pengajaran; Sistem Respirasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11643 |