WARUNG INTERNET : GERBANG DUNIA VIRTUAL REMAJA KOTA MEDAN

Zulkifli (2014) WARUNG INTERNET : GERBANG DUNIA VIRTUAL REMAJA KOTA MEDAN. Jurnal Bahas (90). pp. 1-16. ISSN 0852-8535

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan warung internet telah merambah semua lapisan sosial dan budaya masyarakat, yang menjadikan dunia tanpa batas, sehingga dipersepsikan telah mendorong globalisasi perubahan sosial dan budaya masyarakat. Keberadaan warnet adalah gambaran kehidupan virtual dengan dua realitas paralel. Warnet merupakan bagian dari budaya massa (mass culture), diidentikkan dengan budaya populer (populer culture) dan hiburan massa (mass entertainment). Keberadaan warnet sebagai produk perkembangan teknologi cyberspace melahirkan dua sisi konsekuensi. Konsekuensi positif-konstruktifnya diantaranya sebagai fasilitas belajar, wahana pengembangan kreativitas remaja, menghilangkan kejenuhan dengan bertualang di dunia virtual second life, dan bisa membangun hubungan sosial baru. Konsekuensi negatif-destruktifnya diantaranya adalah yang digolongkan pada kategori isu subversiv, yaitu; kecanduan, kekerasan (agresifitas), dan kebingungan antara dua dunia. Bagi remaja dikhawatirkan menggangu pelajaran sekolahnya, serta mengurangi perhatian dan kepekaannya terhadap lingkungan sosial.

Item Type: Article
Keywords: Warung internet; Dunia virtual; Remaja
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2016 09:01
Last Modified: 16 May 2016 09:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item