PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KEC. BINJAI T.P. 2013/2014

Tambunan, Siti Nurhayati (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KEC. BINJAI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103341046 COVER.pdf]
Preview
Text
4103341046 COVER.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103341046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103341046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 ABSTRAK.pdf] Text
4103341046 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of 4103341046 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103341046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103341046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103341046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103341046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 BAB I.pdf]
Preview
Text
4103341046 BAB I.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 BAB V.pdf]
Preview
Text
4103341046 BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 4103341046 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103341046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Permasalahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Kec. Binjai T.P 2013/2014, dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) sebagai kelas eksperimen I dan pengajaran menggunakan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) sebagai kelas eksperimen II. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 dan X-5. Pada kelas X-5 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dan kelas X-2 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan pada pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT), dimana diperoleh ̅̅̅ = 82,88 ; SD = 8,74 untuk kelas eksperimen I. Sedangkan pada kelas eksperimen ke II diperoleh ̅̅̅ = 78,11 ; SD = 11,09. Hasil analisis data menunjukkan thitung>ttabel (2,02> 1,67). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pebandingan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Permasalahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Kec.Binjai T.P 2013/2014 yaitu sebesar 3:2 untuk keunggulan TPS .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 577.107 12 Tam p
Keywords: Hasil Belajar; Belajar Mengajar; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Permasalahan Lingkungan; perubahannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 18 Aug 2016 04:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11636

Actions (login required)

View Item
View Item