Tambunan, Siti Nurhayati (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 KEC. BINJAI T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341046 COVER.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4103341046 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4103341046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4103341046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (0B)
4103341046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
4103341046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4103341046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103341046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4103341046 BAB I.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
4103341046 BAB V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
4103341046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Permasalahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Kec. Binjai T.P 2013/2014, dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) sebagai kelas eksperimen I dan pengajaran menggunakan pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) sebagai kelas eksperimen II. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 dan X-5. Pada kelas X-5 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share (TPS) dan kelas X-2 diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan pada pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT), dimana diperoleh ̅̅̅ = 82,88 ; SD = 8,74 untuk kelas eksperimen I. Sedangkan pada kelas eksperimen ke II diperoleh ̅̅̅ = 78,11 ; SD = 11,09. Hasil analisis data menunjukkan thitung>ttabel (2,02> 1,67). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pebandingan hasil belajar siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Permasalahan Lingkungan di SMA Negeri 1 Kec.Binjai T.P 2013/2014 yaitu sebesar 3:2 untuk keunggulan TPS .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Tam p |
Keywords: | Hasil Belajar; Belajar Mengajar; Model Pembelajaran; Cooperative Learning; Permasalahan Lingkungan; perubahannya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 04:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11636 |