Panjaitan, Safriady (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 8 KISARAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321050 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
409321050 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
409321050 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
409321050 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
409321050 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409321050 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409321050 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409321050 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409321050 BAB I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
409321050 BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
409321050 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar fisika siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran T.A2013/2014.Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pre-test and Post-test. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 178 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling yaitu kelas X-1 berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dan kelas X-2 berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa, tes hasil belajar dalam bentuk essay sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,179 dengan standar deviasi 10,906 dan kelas kontrol adalah 4,0857 dengan standar deviasi 20,798. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0,160 < 0,1658, sedangkan kelas kontrol Lhitung < Ltabel = 0,115 < 0,1658 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh Fhitung < Ftabel = 0,464 < 1,89 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen dan pada uji hipotesis thitung<ttabel = -1,060 < 2,006, sehingga ha ditolak dan menerima h0 datap di simpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan awal siswa kedua sampel atau kemampuan awal kedua sampel sama sebelum diberikan perlakuan. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 65,32 dan standar deviasi 12,317 dan kelas kontrol 59,96 dan standar deviasi 11,154. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung > ttabel = 1,706 > 1,671 maka Ha diterima dan Ho dengan demikian diperoleh ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X SMA Muhammadiyah 8 Kisaran T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 537.607 12 Pan p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ranah Kognitif; Ranah Afektif; Ranah Psikomotorik; Learning Center; Model Pembelajaran; Hukum Ohm; Rangkaian Hambatan; Energi dan Daya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11620 |