Winarti, Winda (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNINGMODEL MESSAGE UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP SWASTAAL-WASHLIYAH 1 MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 409411054 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2.NIM 409411054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
3.NIM 409411054 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4.NIM 409411054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5.NIM 409411054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6.NIM 409411054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7.NIM 409411054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
8.NIM 409411054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9.NIM 409411054 BAB I.pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
10.NIM 409411054 BAB V.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
11.NIM 409411054 DAFTAR PSUTAKA.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
12.NIM 409411054 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi bilangan pecahan dengan menerapkan metode pembelajaran accelerated learning model MESSAGE di Kelas VII-A SMP Swasta Al-Washliyah 1 Medan tahun ajaran 2013/2014.. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VII-A SMP Swasta Al-Washliyah 1 Medan dan objek penelitian ini adalah metode pembelajaran accelerated learning model MESSAGE pada materi pecahan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan bilangan pecahan dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran ketika metode pembelajaran accelerated learning model MESSAGE diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes hasil belajar. Dari hasil analisis data tes awal diperoleh banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 7 dari 30 siswa atau 23,33% dengan rata-rata kelas 44,02%. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan metode pembelajaran accelerated learning model MESSAGE menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 22 dari 30 siswa atau 73,33% dengan rata-rata kelas 69,84. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 26 dari 30 siswa atau 86,67% dengan rata-rata kelas 77,44. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran accelerated learning model MESSAGE, hasil belajar siswa khususnya pada materi bilangan pecahan di kelas VII-A SMP Swasta Al-Washliyah 1 Medan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan metode pembelajaran accelerated learning model MESSAGE sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 512.260 71 Win p |
Keywords: | Belajar; Belajar Matematika; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar; Accelerated Learning; Pemecahan; Model Message Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11616 |