Sitepu, Dani Tepira (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102131003 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4102131003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
4102131003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4102131003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4102131003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4102131003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4102131003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4102131003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4102131003 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
4102131003 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4102131003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4102131003 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan pembelajaran konvensional dengan media LKS serta untuk mengetahui hasil belajar siswa yang terdiri hasil belajar afektif, psikomotorik dan kognitif siswa pada kelas ekperimen 1 dan eksperimen 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA yang diajarkan menggunakan kurikulum 2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara tehnik acak (random sampling) dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas X MS yang ada di SMAN 1 Kabanjahe yaitu X MS3 sebagai kelas eksperimen 1 dan X MS5 sebagai kelas eksperimen 2. Sampel penelitian kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2 masing-masing berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal. Kelas eksperimen 1 diberikan perlakuan pembelajaran model Problem Based Learning denngan media LKS sedangkan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan pembelajaran model konvensional dengan media LKS. Dari hasil penelitian untuk kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 29,76 dan nilai postest sebesar 84,89 sedangkan nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen 2 adalah sebesar 31,03 dan rata-rata postest sebesar 76,02. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 adalah 78,28% dan untuk eksperimen 2 adalah 64,75%. Telah dilakukan uji normalitas pada nilai pretest dan postest, dinyatakan bahwa nilai pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Telah dilakukan juga uji homogenitas terhadap nilai pretest dan postes dan dinyatakan kedua data homogen. Hasil uji t diperoleh thitung = 2,46 dan ttabel = 1,6671. Karena thitung> ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima sebaliknya Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan penerapan model Problem Based Learning dengan media LKS lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar model konvensional dengan media LKS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.340 712 Sit p |
Keywords: | Kurikulum 2013; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Media LKS; Larutan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11604 |