Purba, Arianto (2014) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KIMIA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJARSISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 BANGUN PURBA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4103131005 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
2. 4103131005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. 4103131005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. 4103131005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. 4103131005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. 4103131005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. 4103131005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
8. 4103131005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. 4103131005 BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
10. 4103131005 BAB V.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
11. 4103131005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
12. 4103131005 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik gurudalam mengimplementasikan kurikulum 2013 pada mata pelajaran kimia di SMANegeri 1 Bangun Purba dan hubungannya dengan hasil belajar siswa pada matapelajaran kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPAyang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposivesampling. Sampel penelitian berjumlah 60 orang. Instrumen yang digunakanadalah instrument non tes dan instrument tes. Instrumen tes digunakan untukmengetahui hasil belajar siswa berupa tes objektif dalam bentuk pilihan gandaberjumlah 30 soal sedangkan instrumen non tes digunakan untuk mengetahuikompetensi pedagogik guru yang terdiri dari 10 indikator. Hasil analisis datakuesioner menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru kimia SMA Negeri 1Bangun Purba dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 berada padakualifikasi sedang atau cukup. Data kuesioner dan data hasil belajar siswa diujinormalitasnya, hasil yang diperoleh adalah sampel berdistribusi normal. Ujihipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dan untuk hasil belajardiperoleh thitung = 3,893 sedangkan ttabel = 2,0021 untuk α = 0,05 dan db = 58.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis harga t-hitung berada di daerah kritis, makatolak Ho dan Ha diterima. Berarti terdapat hubungan antara kompetensipedagogik guru dengan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Bangun Purba.Besarnya kontribusi kompetensi pedagogik guru dapat mempengaruhi prestasibelajar siswanya sebesar 20%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.071 2 Pur a |
Keywords: | Kurikulum 2013; Elemen Perubahan; Guru; Kompetensi Pedagogik; Hasil Belajar Kimia |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 24 Oct 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11602 |