UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VI SD PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Silalahi, Santika B (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS VI SD PARULIAN 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4103111070 COVER.pdf]
Preview
Text
4103111070 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4103111070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4103111070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4103111070 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070  DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4103111070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4103111070 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070  DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
4103111070 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
4103111070 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070  BAB I.pdf]
Preview
Text
4103111070 BAB I.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070  BAB V.pdf]
Preview
Text
4103111070 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 4103111070  DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
4103111070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Parulian 2 Medan yang berjumlah 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Pendekatan Matematika Realistik di kelas VI SD Swasta Parulian 2 Medan. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes awal dan tes hasil belajar berbentuk uraian, dimana tes hasil belajar dilakukan sebanyak dua kali. Hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan tindakan pada siklus I yaitu melalui pendekatan matematika realistik, terdapat 16 orang siswa (48,48%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 67,27 namun belum mencukupi syarat ketuntasan klasikal (85%), maka dilanjutkan ke siklus berikutnya yaitu siklus II dan hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan tindakan pada siklus II, terdapat 30 orang siswa (90,9%) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 85,39 dan telah lulus secara klasikal maka pembelajaran sukses dan penelitian dihentikan. Dari tindakan yang diberikan diperoleh peningkatan nilai rat-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 18,12. Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka kepada guru perlu memikirkan untuk menggunakan pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 512.720 71 Sil p
Keywords: Pembelajaran Matematika; Pecahan; Penjumlahan; Pengurangan; Bilangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 08 Apr 2016 08:34
Last Modified: 18 Aug 2016 02:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item
View Item