Amanda, Normalia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DISERTAI MEDIA BERBASIS KOMPUTER (MICROSOFT POWER POINT) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331036 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4103331036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
4103331036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4103331036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103331036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103331036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4103331036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103331036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103331036 BAB 1.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
4103331036 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103331036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai media berbasis komputer (Microsoft Power Point) terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi koloid di SMAN 6 Medan T.A 2013/2014. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA yang ada di SMAN 6 Medan sebanyak 4 kelas dan setiap kelas terdiri dari +36 siswa. Sedangkan sampel dilakukan secara purpossive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen I diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan kelas eksperimen II diajar dengan model Konvensional. Dan kedua model menggunakan media yang sama. Sebelum proses belajar mengajar dimulai, terlebih dahulu dilakukan pre-test serta setelah selesai pengajaran dilakukan post-test. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen I (28,778 +4,328) dan post-test (84,556+5,091) dengan persen peningkatan belajar = 78,48% sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen II (28,667 + 4,269) dan post-test (75,889+6,359) dengan persen peningkatan belajar 66,30%. Kemudian berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung = 6,4 dan harga ttabel = 1,669 (thitung > ttabel) pada α = 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha¬ diterima, yang berarti hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray disertai media berbasis komputer (Microsoft Power Point) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional disertai media berbasis komputer (Microsoft Power Point) pada materi Koloid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Ama p |
Keywords: | Hasil Belajar; Kooperatif; Two Stay Two Stray; Konvensional; Microsoft Power Point; Model Pembelajaran; Sistem Koloid; Depresi Macam-macam Koloid; Sifat-sifat Koloid |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11558 |