Perangin-angin, Predi Setiadi (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103331039 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103331039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
4103331039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
4103331039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103331039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4103331039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4103331039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103331039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
4103331039 BAB I.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
4103331039 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103331039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Strategi pembelajaran inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid. Penelitian ini dilakukan di SMA Dharma Pancasila Medan kelas XI IPA sebanyak dua kelas dengan rata-rata jumlah siswa 35 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk soal objektifdan Instrumen non tes adalah penilaian sikap kerja sama siswa. Instrumen tes terdiri dari 40 soal sebelum divalidkan dan diperoleh soal yang valid sebanyak 25 soal dengan reliabilitas soal adalah rhitung=0,89 > rtabel= 0,374. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Dharma Pancasila Medan adalah ada pengaruh Strategi pembelajaran Inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan koloid yaitu rata-rata hasil belajar dan gain yang diajar dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri berturut-turut adalah 78,74 dan 66,91% sedangkan hasil belajar kimia dan gain yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah 73,03 dan 59,42%, yang mana terdapat selisis gain sebesar 7,49%. Presentase nilai rata-rata sikap kerjasama siswa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol yakni 30,96 dan 21,8. Aspek kognitif yang terkembangkan dari implementasi strategi pembelajaran inkuiri adalahC2. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t pihak kanan dan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu3,167 >1,669 pada taraf α = 0,05. sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Per p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Koloid; Larutan; Suspensi; Koloid; Jenis-jenis; Koloid; Koloid Liofil; Koloid Liofob |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11551 |