Ketaren, Rahtini Febriana (2014) METODE PENEMUAN TERBIMBING YANG MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DELI TUA T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071244120020 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
071244120020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
071244120020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
071244120020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
071244120020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
071244120020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071244120020 DAFATR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
071244120020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
071244120020 BAB I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
071244120020 BAB V.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
071244120020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
071244120020 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi Bilangan Pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek penelitian yaitu kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah peningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menerapkan metode penemuan terbimbing di kelas VII SMP Negeri 1 Deli Tua. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian yaitu tes awal sebanyak 3 soal.Tes kemampuan pemecahan masalah siklus I sebanyak 3 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah siklus II terdiri dari 3 soal Berdasarkan hasil tes awal diketahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 17,12. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 22,84 dengan 19 siswa atau 59,38% dari keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,98 dengan kategori baik. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan pemecahan masalah matematika siswa adalah tinggi dengan nilai rata-rata kelas 25,90 dimana jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 28 orang atau 87,5% dari seluruh siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,47 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 513.260 71 Ket m |
Keywords: | elajar; Pembelajaran; Hsil Belajar; Metode Pembelajaran; Penemuan Terbimbing; Peran Guru. Bilanga Pecahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Desy Sry Yani |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11534 |