Ginting, Halimatusya diyah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TIPE MASTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI SMA SWASTA GALIH AGUNG KEC. KUTALIMBARU, KAB. DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101121012 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4101121012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4101121012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
4101121012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4101121012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4101121012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101121012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101121012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4101121012 BAB I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
4101121012 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4101121012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER lebih baik dari pada pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Swasta Galih Agung yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas X-A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang dan kelas X-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 option yang telah dinyatakan valid. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel yang berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 40,5 dengan nilai rata-rata postes 75,16 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes sebesar 40,16 dengan nilai rata-rata postes 62,16. Dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada pertemuan I diperoleh rata-rata 48,23 (cukup aktif), pada pertemuan II dengan rata-rata 58,89 (cukup aktif) dan pada pertemuan III dengan rata-rata 66,23 (aktif). Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 4,931>1,671 pada taraf signifikan 0,05 dan dk =58. Hal ini berarti Ha diterima yakni ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Accelerated Learning Tipe MASTER terhadap hasil belajar konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 535.140 712 Gin p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; accelerated learning; MASTER; pemeblajaran konvensional; sifat- sifat cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11512 |