Lubis, Dinar Kristina (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TARUTUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101111012 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4101111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4101111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4101111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4101111012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
4101111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan – kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam mengerjakan soal pada materi bilangan bulat serta
untuk menggunakan model pembelajaran investigasi kelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII–1 SMP Negeri 1 Tarutung sebanyak 25 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran investigasi kelompok pada materi bilangan bulat. Instrumen penelitian ini melalui Tes Kemampuan Pemecahan Masalah (TKPM) dan observasi. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam memecahkan masalah maka diberikan tes kemampuan awal dan diperoleh data sebanyak 9 siswa (36%) yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Setelah diberikan perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran investigasi kelompok (siklus I), maka diberikan TKPM I. Dari hasil TKPM I diperoleh data bahwa sebanyak 19 siswa (76%) yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan belum mencapai 85% maka dilanjutkan tindakan pada siklus II. Dari hasil TKPM II diperoleh data bahwa sebanyak 22 siswa (88%) yang mencapai kriteria kemampuan pemecahan masalah. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa secara keseluruhan telah mencapai 85% maka tindakan dihentikan. Kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan soal bilangan bulat yaitu (1) kesulitan pemahaman akan konsep atau langkah - langkah menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (2) kekurang telitian dalam melakukan perhitungan dalam penyelesaian (3) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aplikasi dari bilangan bulat yakni kesulitan menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal Karena kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dari siklus I dan siklus II meningkat dan keseluruhan siswa telah mencapai 85% dari keseluruhan siswa maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Tarutung. Disarankan agar penerapan model pembelajaran investigasi kelompok ini dapat dijadikan salah satu altenatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 712 Lub u |
Keywords: | masalah matematika; teori belajar vigotsky; investigasi kelompok; bilangan bulat; menemukan konsep; operasi bilangan bulat |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11491 |