Setiawan, Ricki (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI (INQUIRY TRAINING MODEL) BERBASIS PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA KELAS VII SEMESTER 1 SMP DAYA CIPTA MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321040 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
409321040 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
409321040 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
409321040 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
409321040 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
409321040 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409321040 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
409321040 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409321040 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
409321040 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
409321040 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri (Inquiry Training Model) berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa dan melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII semester 1 SMP Daya Cipta Medan tahun pelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Daya Cipta Medan yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-1 dan VII-2. Kelas VII-1 pembelajaran diajarkan dengan model latihan inkuiri dan pada kelas VII-2 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian ini berupa tes yang berjumlah 20 item bentuk pilihan ganda dengan 4 option, yang telah diuji validitasnya. Data hasil penelitian diolah untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan dengan menggunakan uji t dua pihak.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 28,9 dengan standar deviasi 9,6 dan nilai pretes kelas kontrol adalah 28,8 dengan standar deviasi 8,3. Kemudian setelah diberi perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 73,4 dengan standar deviasi 9,2 dengan aktivitas siswa 72,9 % termasuk kategori baik, dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata postes 59,2 dengan standar deviasi 12,1. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak dengan hasil dan . Karena maka diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima berarti ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran latihan inkuiri (Inquiry Training Model) berbasis peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok zat dan wujudnya kelas VII semester 1 SMP Daya Cipta Medan tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 530.407 Set p |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Inquiry Training Model; Aktivitas; Pembelajaran Konvensional; Peta Konsep; Wujud Zat; Gaya Tarik; Massa Jenis Zat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11481 |