Nababan, Robasa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 LUBUKPAKAM T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121058 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103121058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
4103121058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103121058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4103121058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4103121058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4103121058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103121058 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
4103121058 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4103121058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X SMA Negeri 1 Lubukpakam T.P 2013/2014 serta mengetahui aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-4 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lubukpakam yang terdiri dari 5 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu pertama tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji persyaratan dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Discovery Learning.Data-data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,83 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 44,54. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran pembelajaran Discovery Learning sebesar 75,33 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 63,93. Uji normalitas dan uji homogenitas yang dilakukan terhadap kedua kelas menyatakan kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,206 > 2,036 pada taraf signifikansi α = 0,05. Dan rata-rata aktivitas siswa dalam tiga kali pertemuan, yaitu 44,75%, 55,42%, dan 68,13%. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Lubukpakam tahun pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 536.107 12 Nab p |
Keywords: | Discavery Learning; Hasil Belajar; Aktivitas; Pembelajaran Konvensional; Suhu; Kalor; Pemuaian |
Subjects: | Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC980 Climatology and weather |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 10:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11480 |