Simanungkalit, Fransiska A.A (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP MATERI POKOK BESARAN DAN SATUAN DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 1 SIPOHOLON T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
409321023 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
409321023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
409321023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
409321023 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
409321023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
409321023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409321023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
409321023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
409321023 BAB I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
409321023 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
409321023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
409321023 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
Abstract
Penelitian in ibertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajarangroup investigasi pada materi pokok Besaran dan Satuannya di Kelas X Semester I SMA Negeri 1 Sipoholon tahun pembelajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre-test dan post-test.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I di SMA Negeri 1 Sipoholon tahun pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 5 kelas yang berjumlah 140 orang, yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan X-4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 20 orang untuk kelas eksperimen dan20 orang untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 5 obtion dan lembar observasi. Hipotesis di uji dengan uji t dua pihak.Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 47,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol 42,50. Dari hasil uji beda nilai kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 47,50dannilaipostes 83,67. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh t hitung= 7,207 danttabel= 1,62. Karena t hitung>t tabel maka disimpulkan terdapat hasil perbedaan yang signifikan sehingga h0 diterima antara model kooperatif tipe Group investigation dan pembelajaran konvensional dan aktivitas rataan siswa dalam dua kali pertemuan, yaitu 67, 2% dengan kriteria cukup aktif. sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok besaran dan satuannya di kelas X semester I SMA Negeri 1 Sipoholon T.P 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.140 712 Sim p |
Keywords: | group investigation; aktivitas; hasil belajar; pembelajaran koopertaif; besaran dan satuan; pengukuran; sistem international |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11470 |