Siregar, Isni nadia (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI TEKANAN KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 9 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103121035 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
4103121035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
4103121035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
4103121035 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103121035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4103121035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103121035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103121035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4103121035 BAB I.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
4103121035 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
4103121035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok tekanan di kelas VIII SMP Negeri 9 Medan.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 9 Medan terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VIII-2 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 35 siswa ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 item yang telah divalidkan oleh validator.Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,42 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 32,57 dimana kemampuan awal kedua kelas adalah setara. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data postes yang diperoleh yaitu hasil rata-rata kelas eksperimen 66,28 dan kelas kontrol 42,28. Melalui pengujian statistik diperoleh hasil yang signifikan dimana hasil ini menggambarkan bahwa ada efek model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam meningkatkan hasil belajar belajar Fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 531.107 12 Sir e |
Keywords: | Quasi Eksperimen; Pembelajaran konferatif; Group Investtigation; Konvensional; Zat Cair; Hukum Pascal; Hukum Arhimedes |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 02:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11454 |