Destika, Meta (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA PANCA BUDI MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141027 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4101141027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101141027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4101141027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4101141027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4101141027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101141027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4101141027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4101141027 BAB I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
4101141027 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4101141027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi Sistem Reproduksi Manusia di kelas XI SMA Swasta Panca Budi Medan T.P. 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan data diperoleh dari dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya.Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I (NHT) adalah 41,67 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II (Snowball Throwing) adalah 43,61. Semua data pre-test, post-test dan Gain diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I sebesar 83,89 dan pada kelas eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 76,11. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar 72,4% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar 57,9%. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe NHT dan Model Pembelajaran Snowball Throwing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 712 Des p |
Keywords: | model pembelajaran; model pembelajaran kooperatif; tipe NHT; tipe snowball throwing; hasil belajar; sistem reproduksi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 09:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11430 |