Siregar, Ade Khairunnisa (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PENCATATAN MIND MAP DAN TANPA MENGGUNAKAN TEKNIK PENCATATAN MIND MAP PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141002 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4103141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103141002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4103141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
4103141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
4103141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
4103141002 BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4103141002 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan teknik pencatatan mind map dan tanpa menggunakan teknik pencatatan mind map pada materi sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan yang terdistribusi kedalam 4 kelas dan seluruhnya berjumlah 142 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang terdiri dari 64 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terlihat adanya perbandingan hasil belajar siswa antara kelas teknik pencatatan mind map dengan tanpa teknik pencatatan mind map, dimana rata-rata post-test hasil belajar siswa kelas teknik pencatatan mind map adalah sebesar 66,07, sedangkan rata-rata post-test kelas tanpa teknik pencatatan mind map adalah sebesar 61,33. Adanya perbandingan hasil belajar siswa antara kelas teknik pencatatan mind map dengan kelas tanpa teknik pencatatan mind map dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (2,267 > 1,69), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan hasil belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang diajarkan menggunakan teknik pencatatan mind map dengan tanpa teknik pencatatan mind map pada materi sistem reproduksi pada manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.160 712 Sir p |
Keywords: | hasil belajar; mind map; cara membuat mind map; peta konsep; diagram V; sistem reproduksi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11429 |