Siregar, Hilda Aini (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI ALAT INDRA PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310061 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
708310061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
708310061 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
708310061 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
708310061 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
708310061 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708310061 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310061 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310061 BAB I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
708310061 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708310061 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) pada materi alat indra pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajarn 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa seluruhnya 130 siswa. Sampel diambil berdasarkan pertimbangan (Purposif sampling) sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) terdiri dari 41 siswa dan XI IPA 3 menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terdiri dari 44 siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa thit = 1,908 dan harga ttab = 1,992 (thit<ttab) pada α = 0,05 yang menunjukkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima, yang berarti tidak ada perbedaan hasil belajar signifikan siswa menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Think Pair Share (TPS) pada materi alat indra pada manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan Tahun Pembelajarn 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.407 12 Ari p |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran kooperatif; group investigation; alat indera penglihatan; pendengaran; indra pengecap |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 10:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11424 |