Nur, Musdalifah (2014) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA SE-KECAMATAN LABUHAN DELI HELVETIA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341031 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103341031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
4103341031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4103341031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103341031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
4103341031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103341031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4103341031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4103341031 BAB I.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
4103341031 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4103341031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi di SMA Kecamatan Labuhan Deli Helvetia Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2013/ 2014 yang meliputi pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013, kemampuan guru Biologi dalam penyusunan Program Tahunan dan program semester bidang studi Biologi Kurikulum 2013 dan mengetahui kemampuan guru Biologi dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Biologi Kurikulum 2013 serta mengetahui kesiapan guru Biologi dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif, psikomotorik pada mata pelajaran Biologi Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA di Kecamatan Labuhan Deli Helvetia Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 5 sekolah. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik sampel bertujuan yaitu SMA yang sudah melaksanakan Kurikulum 2013. Tiga sekolah terpilih menjadi sampel yaitu SMAN 1 Lab Deli, SMA Sinar Husni Lab Deli serta SMA CTF Lab Deli. Instrumen penelitian yaitu angket kepada guru bidang studi biologi serta dokumentasi baik RPP, Program Tahunan, Program Semester dan evaluasi pembelajaran. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa : Kesiapan guru Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi tergolong baik dengan nilai 88. Kemampuan guru Biologi dalam penyusunan Program Tahunan dan program semester bidang studi Biologi Kurikulum 2013 tergolong baik dengan nilai 80 untuk program tahunan, sedangkan untuk program semester tergolong baik dengan nilai 81. Kemampuan guru Biologi dalam penyusunan (RPP) Biologi Kurikulum 2013 tergolong baik dengan nilai 86. Kesiapan guru Biologi dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif, afektif, psikomotorik pelajaran Biologi tergolong cukup baik 66.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Nur a |
Keywords: | kesiapan; kurikulum 2013; pembelajaran; program; sistem penilaian; guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11400 |