Yanti, Mega Ida (2014) HUBUNGAN PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BILOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SEI KANAN KABUPATEN LABUHAN BATU SELATAN SUMATERA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101141025 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
4101141025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
4101141025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
4101141025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4101141025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4101141025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101141025 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4101141025 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4101141025 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
4101141025 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4101141025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seleruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak 73 orang. Sedangkan sampel penelitian diambil secara random sampling, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini juga sebanyak 30 orang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan kuesioner ( angket ) sebagai alat pengumpul data penelitian. Dari hasil analisis uji persyaratan data diketahui bahwa baik data penggunaan fasilitas belajar maupun data hasil belajar biologi siswa dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Untuk teknik analisis data diketahui bahwa bentuk persamaan regresi Ŷ = 35,05 + 0,50X merupakan regresi linier, hal ini dapat diketahui dari harga Fhitung dimana Fhitung < Ftabel (1,29 < 2,48) sedangkan untuk keberartian persamaan regresi diketahui bahwa harga thit > ttab (8,99 > 4,18) yang berarti bahwa arah regresi Y terhadap X berarti pada taraf kepercayaan α = 0,05. Dari perhitungan koefisien korelasi didapat r = 0,50 dan indeks determinasi I = 25%. Artinya ada korelasi yang positif dan antara penggunaan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa, dimana 25% dari pencapain hasil belajar siswa ditentukan oleh penggunaan fasilitas belajar. Untuk pengujian hipotesis diperoleh thit > ttab (3,53 > 1,70) sehingga dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan penggunaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhan BATU Selatan Sumatera Utara Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.071 2 Yan h |
Keywords: | hasil belajar; IPA Biologi; fasilitas dan perabot belajar; laboratorium; perpustakaan; media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11398 |