Yusnita, Eli (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONPADA MATERI POKOK HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
4101131008 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4101131008 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4101131008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
4101131008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4101131008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
4101131008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4101131008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4101131008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4101131008 BAB I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
4101131008 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4101131008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan tipe Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media power point dan untuk mengetahui perbedaan aktivitas siswa serta untuk mengetahui ranah kognitif yang terkembangkan pada diri siswa kelas X MAN 1 Medan pada materi pokok hidrokarbon. Sampel penelitian diambil secara acak sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen I yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan kelas eksperimen II yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.Penelitian ini menggunakan instrument test yang telah diujicobakan dan telah valid. Data hasil belajar siswa diuji normalitas dan homogenitasnya, hasil yang didapat kedua kelompok sampel homogen dan berdistribusi normal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki rata-rata nilai pretest 38,600 dan postest 85,050. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pretest 39,520 dan postest 80,850. Peningkatan hasil belajar siswa dihitung dengan bentuk gain ternormalisasi dan didapatkan persen keberhasilan belajar siswa pada kelas eksperimen I sebesar 75,919%, sedangkan persen keberhasilan belajar siswa kelas eksperimen II sebesar 68,772%. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dan diperoleh thitung = 3,807 sedangkan ttabel = 1,974 untuk α = 0.05 dan db = 78. Dengan demikian thitung> ttabel, maka Ha diterima yakni ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS menggunakan media power point dengan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media power point pada materi pokok hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Yus p |
Keywords: | aktivitas belajar; model pembelajaran; Two Stay Two Stray; STAD; media pembelajaran; media power point; hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 06:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11389 |