Sinurat, Mayar Indah (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BANDAR TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141043 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103141043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4103141043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4103141043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103141043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103141043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141043 BAB I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4103141043 BAB V.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4103141043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi Sistem Ekskresi Manusia di kelas XI IPA 1 SMA N 1 Bandar Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Bandar Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah satu kelas yang ditentukan dengan cara purposif sampel yaitu kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif bentuk pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada siswa terlebih dahulu diuji kelayakannya diluar sampel yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda soal. Hasil analisis data yang diperoleh untuk tingkat penguasaan siswa, hanya 2 siswa yang hasil belajarnya masih rendah (5,5%), 19 siswa hasil belajarnya cukup (52,8%), dan 15 siswa hasil belajarnya tinggi (41,7%). Untuk ketuntasan belajar, ada 2 siswa yang belum tuntas dan 34 siswa yang sudah tuntas, dan untuk ketuntasan klasikalnya sudah terpenuhi karena terdapat 94,4% dari 36 siswa telah mencapai nilai lebih atau sama dengan 70. Untuk ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK), keenam indikator dalam penelitian ini sudah tercapai dengan rincian indikator pertama 77,8%, indikator kedua 75,3%, indikator ketiga 75,3%, indikator keempat 76,4%, indikator kelima 91,7%, dan indikator keenam 75,7%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Sistem Eksresi Manusia pada materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas XI IPA 1 SMA N 1 Bandar Tahun Pembelajaran 2013/2014 dinyatakan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Sin e |
Keywords: | belajar; proses belajar mengajar; pembelajaran kooperatif; efektivitas pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11370 |