Manik, Manganju (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141039 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4103141039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
4103141039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
4103141039 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4103141039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4103141039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4103141039 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103141039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
4103141039 BAB I.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
4103141039 BAB V.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103141039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 5 Medan T.P. 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 10 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, kemudian diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas XI IPA 6 dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 7 dengan jumlah 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol dengan pembelajaran metode ceramah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda, yang diberikan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretes kelas eksperimen adalah 45,44 dan pada kelas kontrol adalah 44,84. Kemudian rata-rata nilai postes untuk kelas eksperimen lebih tinggi yakni 79,89 dibandingkan dengan kelas kontrol yakni 71,64. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung > ttabel (5,67 > 1,669) berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Man p |
Keywords: | model pembelajaran kooperatif; tipe NHT; hasil belajar; aktivitas belajar; sistem ekskresi manusia |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11366 |