Gultom, Yessi Verawati (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA, TOBASA T.P 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102141017 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4102141017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
4102141017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4102141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4102141017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4102141017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4102141017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4102141017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4102141017 BAB I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4102141017 BAB V.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4102141017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model STAD dengan GI pada materi pokok ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Siantar Narumonda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 225 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X-1 sebagai kelas STAD dan X-2 sebagai kelas GI. Kelas STAD terdapat 30 siswa dan GI 30 siswa sehingga sampel berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal kognitif yang digunakan sebagai soal pre-test dan post-test. Rata-rata hasil belajar kelas GI sebesar 78,40 dengan standar deviasi 8,50 lebih tinggi dibanding kelas STAD 72,40 dengan standar deviasi 8,68 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 6,00 dengan perbandingan STAD : Jigsaw = 1 : 1,08. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung = -2,70 dan ttabel = 2,002 dengan taraf signifikansi 0,05. Ho diterima jika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Gul p |
Keywords: | teori belajar slovin; potensi penghalang; pembelajaran kooperatif; hasil belajar; kooperatif tipe STAD; ekosistem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 01:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11355 |