Huda, Ali Ihsanul (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI MAN 2 TANJUNG PURA LANGKAT T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341001 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103341001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
4103341001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4103341001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4103341001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4103341001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103341001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4103341001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4103341001 BAB I.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
4103341001 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103341001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa, ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi sistem ekskresi pada manusia di kelas XI IPA 2 MAN 2 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah jenis penelitian Pra-eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah satu kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas XI IPA 2 yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan berganda. Sebelum tes diberikan kepada siswa terlebih dahulu diuji kelayakannya di luar sampel yang meliputi uji validitas, uji realibilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda soal. Hasil analisis data diperoleh untuk tingkat penguasaan siswa, tidak ada siswa yang hasil belajarnya rendah (0%), sedangkan 17 siswa hasil belajarnya cukup (48,57%), 13 siswa hasil belajarnya tinggi (37,14%) dan 5 siswa hasil belajarnya sangat tinggi (14,28%). Ada 4 siswa yang belum tuntas dan 31 siswa yang sudah tuntas, namun untuk ketuntasan klasikalnya sudah terpenuhi karena terdapat 88,57% dari 35 siswa dan 31 siswa telah mencapai nilai lebih atau sama dengan 75. Untuk ketercapaian tujuan pembelajarang khusus (TPK), ke enamindikator prnelitian ini sudah tercapai dengan rincian indikator pertama 98,57%, indikator kedua 86,14%, indikator ketiga 80,95%, indikator ke empat 85,71%, indikator kelima 84,76% dan indikator ke enam 75,25%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Biologi dengan menggunakan kooperatif tipe NHT pada materi sistem ekskresi manusia dapat memenuhi tingkat penguasaan siswa secara individual, memenuhi tingkat ketuntasan belajar secara individual dan klasikal, dan memenuhi tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran khusus (TPK). Maka pembelajaran Biologi dengan menggunakan kooperatif tipe NHT pada materi Sistem Ekskresi Pada Manusia di kelas XI IPA 2 MAN 2 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2013/2014 dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Hud e |
Keywords: | hasil belajar; pembelajaran; efektivitas belajar; cooperative learning; model kooperatif; sistem ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11352 |