Rangkuti, Fauziah Nur (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN SNOWBALL THROWING PADA MATERI POKOK EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEGAJAHAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103141021 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103141021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4103141021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
4103141021 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4103141021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4103141021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4103141021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
4103141021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4103141021 BAB I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
4103141021 BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
4103141021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4103141021 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan Numbered Head Together (NHT) dan Snowball Throwing (ST) pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai tahun Pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 163 orang dan sampel diambil secara purprosif dan dibagi atas 2 kelas dimana kelas X-2 dijadikan sebagai kelas NHT dengan Jumlah siswa 33 orang dan kelas X-3 dijadikan sebagai kelas ST dengan jumlah 33 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 20 butir soal. Dari hasil uji persyaratan analisis data, populasi berdistribusi normal dan memmiliki varians yang seragam (homogen). Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe ST adalah sebesar 88.48 dengan SD 6.05 dan hasil belajar siwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT adalah sebesar 86.36 dengan SD 5.47. Perbedaan hasil belajar pada kedua kelas tersebut diuji melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan taraf signifikan α = 0.01 dimana thitung > ttabel (2,94>2.65) yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha sehinga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang di ajar menggunakan tipe Snowball Throwing (ST) dan Numbered Head Together (NHT) pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Pegajahan Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Ran p |
Keywords: | hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran koopertaif; tipe NHT; snowball throwing; ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11344 |