Manik, Apri Ratnasari (2014) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MAKE A MATCH (MAM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANCURBATU T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341004 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103341004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
4103341004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
4103341004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
4103341004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
4103341004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103341004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
4103341004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103341004 BAB I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
4103341004 BAB V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
4103341004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, ketuntasan belajar, ketercapaian indikator siswa dan aktivitas siswa dengan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dan Make a Match (MaM ) pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu tahun pembelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X unggulan SMA Negeri 1 Pancurbatuyang berjumlah 76 siswa dan sampel diambil secara total sampling (sampel keseluruhan). Dimana kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Think-Pair-Share (TPS) dengan jumlah 38 orang dan kelas X-2 sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran dengan model Make a Match (MaM ) dengan jumlah 38 orang, sehingga jumlah sampel sebanyak 76 orang. Alat yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes yang berbentuk soal pilihan berganda yang terdiri dari 30 butir soal dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelas TPS Sebesar 74,68 sedangkan untuk kelas MaM sebesar 80,36. Tingkat ketuntasan siswa di TPS dengan daya serap ≥ 65% mencapai 92,1 % sedangkan kelas MaM mencapai 100%. Dengan ketuntasan klasikal kedua kelas mencapai 100%. Aktivitas belajar siswa pada kelas MaM lebih aktif dibandingkan kelas TPS. Adanya perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM ) terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (3,909> 1,996), yang berarti dalam penelitian ini maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan Make a Match (MaM ) pada materi Ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 577.107 12 Man p |
Keywords: | hasil belajar; model belajar; tipe Think Pair Share; biologi; ekosistem; interaksi dan dinamika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Fitri Sry Juliati Sinaga |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11340 |