MANAJEMEN PENINGKATAN SOFT SKILLS MAHASISWA TEKNIK FT UNIMED MELALUI IMPLEMENTASI TUJUH KOMPETENSI KUNCI DOSEN DALAM PEMBELAJARAN

Situmorang, Benyamin (2014) MANAJEMEN PENINGKATAN SOFT SKILLS MAHASISWA TEKNIK FT UNIMED MELALUI IMPLEMENTASI TUJUH KOMPETENSI KUNCI DOSEN DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Generasi Kampus, 07 (02). pp. 317-328. ISSN ISSN 1978-869X

[thumbnail of UNIMED-Article-33089-JURNAL GENERASI KAMPUS SEPTEMBER 2014.pdf]
Preview
Text
UNIMED-Article-33089-JURNAL GENERASI KAMPUS SEPTEMBER 2014.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Peningkatan soft skills mahasiswa teknik FT Unimed diharapkan dapat menjadikan lulusannya sebagai Guru Pertama dan Teknisi Ahli Madya (S1 dan D3) yang memiliki soft skills yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Dunia kerja dan dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki soft skills yang baik guna membangun dan memaksimalkan kinerja. Untuk itu, diberlakukan kurikulum bermuatan soft skills guna memenuhi tuntutan dunia kerja. Sehubungan dengan itu, ada tujuh kompetensi kunci dosen yang dapat menjadikan kinerjanya sebagai pelaksana kurikulum menjadi efektif. Kompetensi kunci dosen yang sangat menentukan hasil pembelajarannya terdiri dari kompetensi diri, kompetensi komunikasi, kompetensi diversitas, kompetensi etika, kompetensi lintas budaya, kompetensi tim, dan kompetensi perubahan. Dengan implementasi ketujuh kompetensi kunci dosen dalam pembelajarannya, peningkatan soft skills mahasiswa akan mencapai tujuan yang dirumuskan secara efisien dan efektif.

Item Type: Article
Keywords: Soft skills; Kompetensi diri; Komunikasi; Diversitas; Etika; Budaya
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 08 Apr 2016 12:10
Last Modified: 18 Aug 2016 09:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1134

Actions (login required)

View Item
View Item