Situmorang, Benyamin (2014) MANAJEMEN PENINGKATAN SOFT SKILLS MAHASISWA TEKNIK FT UNIMED MELALUI IMPLEMENTASI TUJUH KOMPETENSI KUNCI DOSEN DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Generasi Kampus, 07 (02). pp. 317-328. ISSN ISSN 1978-869X
UNIMED-Article-33089-JURNAL GENERASI KAMPUS SEPTEMBER 2014.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Peningkatan soft skills mahasiswa teknik FT Unimed diharapkan dapat menjadikan lulusannya sebagai Guru Pertama dan Teknisi Ahli Madya (S1 dan D3) yang memiliki soft skills yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Dunia kerja dan dunia industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki soft skills yang baik guna membangun dan memaksimalkan kinerja. Untuk itu, diberlakukan kurikulum bermuatan soft skills guna memenuhi tuntutan dunia kerja. Sehubungan dengan itu, ada tujuh kompetensi kunci dosen yang dapat menjadikan kinerjanya sebagai pelaksana kurikulum menjadi efektif. Kompetensi kunci dosen yang sangat menentukan hasil pembelajarannya terdiri dari kompetensi diri, kompetensi komunikasi, kompetensi diversitas, kompetensi etika, kompetensi lintas budaya, kompetensi tim, dan kompetensi perubahan. Dengan implementasi ketujuh kompetensi kunci dosen dalam pembelajarannya, peningkatan soft skills mahasiswa akan mencapai tujuan yang dirumuskan secara efisien dan efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Soft skills; Kompetensi diri; Komunikasi; Diversitas; Etika; Budaya |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 12:10 |
Last Modified: | 18 Aug 2016 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1134 |