Hadijah, Siti (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TRADE A PROBLEM DENGAN REWARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN TANJUNG PURA MATERI KUBUS DAN BALOK T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4102111018 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4102111018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4102111018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4102111018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4102111018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4102111018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4102111018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4102111018 BAB I.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
4102111018 BAB V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4102111018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang non rutin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan metode pembelajaran Trade A Problem terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTsN Tanjung Pura T.A 2013/2014.Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tanjung Pura, dimana sampel dipilih secara acak dan yang terpilih adalah kelas VIII-3 dengan jumlah siswa 39 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 dengan jumlah siswa 40 orang sebagai kelas kontrol. Penelitian ini didukung oleh beberapa penelitian yang relevan yaitu penelitian yang dilakukan Reza Apriska (2011) dan penelitian yang dilakukan Noor Afifah (2013). Didalam proses pelaksanaannya penelitian ini menggunakan beberapa perangkat pembelajaran seperti : RPP, lembar aktivitas siswa (LAS), dan buku pegangan siswa. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari pre-test dan pos-test dan masing-masing memuat 3 soal essay yang sebelumnya telah diuji cobakan dan dinyatakan valid.Rata-rata nilai pos-test dikelas eksperimen adalah sebesar 69,0833, dan rata-rata dikelas kontrol sebesar 81,367521.Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakn uji t satu pihak (pihak kanan) diperoleh t hitung = 5,8109 dant tabel = 1,6672 dengan dk = 77 dan taraf nyata α = 0,05. Dapat dilihat bahwa thitungtidak berada diantara interval -1,6672< t <1,6672sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. artinya kemampuan pemecahan matematika siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran Trade A Problem dengan Reward lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.Selanjutnya berdasarkan hasil uji t satu pihak terhadap data indeks gain diperoleh hasil thitung> ttabel , yaitu 4,6998 > 1,6672 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak, artinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran Trade A Problem dengan Reward lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 712 Had p |
Keywords: | masalah matematika; model pembelaajran; materi ajar; kubus; balok; volume |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Elita Sari Sitorus |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11335 |