Padang, Netti (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PELITA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103311034 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103311034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4103311034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103311034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
4103311034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4103311034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4103311034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
4103311034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4103311034 BAB I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
4103311034 BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4103311034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103311034 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Swasta Pelita Medan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi Kubus dan Balok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-C SMP Swasta Pelita Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 40 orang. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi Kubus dan Balok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan pemecahan masalah, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 4 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa. Hal ini dilihat dari hasil tindakan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis 1 pada siklus I hanya sebanyak 11 siswa (27,5%) yang mencapai nilai ≥75 dengan nilai rata-rata kelas 62,97, pada tes kemampuan pemecahan masalah matenatis 2 pada siklus II terdapat 23 siswa (57,5%) yang mencapai nilai ≥75 dengan nilai rata-rata kelas 69,53, tes kemampuan pemecahan masalah matematis 3 pada siklus III terdapat 27 siswa (67,5%) yang mencapai nilai ≥75 dengan nilai rata-rata kelas 70,31, dan dari analisis data tes kemampuan pemecahan masalah matematis 4 pada siklus IV diperoleh bahwa dari 40 siswa terdapat 35 siswa (87,5%) dengan nilai rata-rata kelas 83,13.Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I, termasuk kriteria baik dengan rata-rata hasil pengamatan 2,6, pada siklus II termasuk kriteria baik dengan rata-rata hasil pngamatan 2,8, pada siklus III termasuk kriteria baik dengan rata-rata pengamatan 3,1. Akan tetapi pada siklus IV, tingkat kemampuan peneliti mengelola kelas termasuk kriteria sangat baik dengan rata-rata hasil pengamatan 3,6.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa pada materi kubus dan balok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 516.360 712 Pad p |
Keywords: | belajar; pembelajaran matematika; kesulitasn belajar siswa; pemecahan masalah; model kooperatif; group investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2016 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11330 |