PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYERAP MATERI PELAJARAN OLEH SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 1 SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT

Hutasuhut, Edidon (2014) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYERAP MATERI PELAJARAN OLEH SISWA KELAS VIII.A SMP NEGERI 1 SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT. Jurnal Intelektual, 09 (01). pp. 47-55. ISSN 1907-414X

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana adanya pengaruh pemberian layanan bimbingan belajar terhadap kemampuan menyerap materi pelajaran pada siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Sawit Seberang Kabupaten Langkat. Subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan 12 siswa yang masuk dalam kriteria yang telah ditetapkan yaitu siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam menyerap materi pelajaran. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket, yaitu angket untuk mengungkap tentang kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran. Hasil analisis data diperoleh kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran di kelas VIII.A SMP Negeri 1 Sawit Seberang Kabupaten Langkat termasuk kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh melalui uji t atau thitung = 16,33, sedangkan ttabel = 2,20, maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif layanan bimbingan belajar terhadap kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran di Kelas VIII.A SMP Negeri 1 Sawit Seberang Kabupaten Langkat dapat diterima. Layanan bimbingan belajar memberikan kontribusi sebesar 28,85% terhadap kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran.

Item Type: Article
Keywords: Bimbingan belajar; Kemampuan menyerap; Daya serap; Daya nalar; Daya ingat; Gaya belajar; Materi pelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636 Applied psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:45
Last Modified: 18 Aug 2016 08:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1131

Actions (login required)

View Item
View Item