Manurung, Jhon Heri (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103341024 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4103341024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4103341024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
4103341024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
4103341024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
4103341024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4103341024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
4103341024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4103341024 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
4103341024 BAB V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4103341024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video pembelajaran dan media gambar pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 165 orang yang terdiri dari 5 kelas. Sedangkan sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak 2 kelas dengan perincian, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen media video pembelajaran (eksprimen I) dan kelas XI IPA 2 (eksperimen II) sebagai kelas ekperimen media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data yang digunakan berdistribusi normal dan memiliki varians yang seragam (homogen). Setelah mendapat perlakuan, nilai rata-rata postes siswa dikelas media video pembelajaran (X ̅= 74,91 ; SD= 12,82) lebih tinggi dibanding kelas media gambar ( X ̅= 59,88 ; SD= 9,77). Dari uji t diperoleh thitung(6,204 ) >ttabel(1,672) pada hasil postes kedua kelas pada α = 0,05 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media video pembelaran dan media gambar pada materi pokok sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Balige T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 574.140 712 Man p |
Keywords: | teori belajar; hasil belajar; prose belajar; media dalam pembelajaran; media video; media gambar; sistem ekskresi manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11301 |