Risvayani, - (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MENGGUNAKAN MEDIAN ANIMASI FLASH DAN TTS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM KOLOID DIKELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4103131056 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4103131056 LEMBAR PENEGSAHAN.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4103131056 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
4103131056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
4103131056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103131056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103131056 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103131056 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4103131056 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
4103131056 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
4103131056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan media Flash lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan media Teka-Teki Silang (TTS) pada materi pokok Sistem koloid. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Panca Budi Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian diambil secara acak (Random sampling) sebanyak 2 kelas dimana kelas eksperimen I diajarkan dengan model PBL dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan media flash dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model PBL dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan media TTS. Data hasil belajar siswa sebagai aspek kognitifdiperoleh melalui tes obyektif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-tpihak kanan.Dari hasil pengolahan data penelitian dengan thitung(3,3436 ) > ttabel(1,6697) dengan tarif signifikansi 5% sebagai hipotesis alterntif diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia yang diajar dengan model PBL dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan media flash lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia yang dijar dengan model PBL dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan media TTS pada materi pokok Sistem Koloid.Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I yang diajarkan dengan media flash sebesar 85,84% sedangkan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen II yang diajar dengan medi TTS sebesar 77,24%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.345 071 2 Ris p |
Keywords: | belajar kimia; pembelajaran efektif; konstruktivisme; media pembelajaran; sistem koloid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11291 |