Pramesti, Lydia (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR, BERPIKIR KRITIS DAN KERJASAMA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI POKOK TATA NAMA SENYAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4103131036 COVER.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
2. NIM. 4103131036 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
3. NIM. 4103131036 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 4103131036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
5. NIM. 4103131036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
6. NIM. 4103131036 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7. NIM 4103131036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
8. NIM. 4103131036 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
9. NIM. 4103131036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
10. NIM. 4103131036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
11. NIM. 4103131036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMAN 1 Percut Sei Tuan, yang berjumlah 5 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan dua tahap, tahap pertama yaitu pengambilan sampel kelas secara acak sebanyak 2 kelas dan tahap kedua yaitu pengambilan sampel siswa secara purposif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Intrumen tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang memiliki validitas isi dalam kategori baik, reliabel, tingkat kesukaran soal dalam kategori sedang, kriteria daya pembeda memenuhi syarat dan distruktor yang memenuhi syarat. Berdasarkan uji hipotesis 1 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung ≥ ttabel, yakni thitung = 3,50 > ttabel = 2,056, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa. Untuk uji hipotesis 2 thitung = 3,90 > ttabel = 2,056, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa. Untuk uji hipotesis 3 thitung = 0,14 < ttabel = 2,056, berarti Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan sikap kerjasama siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada materi pokok Tata Nama Senyawa..
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Adh |
Keywords: | hasil belajar; kerjasama; problem based learning; model konvensional; media pembelajaran, tata nama senyawa |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 08 Apr 2016 08:34 |
Last Modified: | 13 Oct 2016 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/11280 |